Logo
images

Cara Pengembangan Bakat Lewat Gelar Senja di Banjarmasin

Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Banjarmasin melalui Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Banjarmasin Utara melaksanakan Gelar Senja sekaligus upacara penurunan bendera, bertempat di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Sabtu 18/06/2022 (Sore).
 
 
Kegiatan itu dihadiri, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin, Irwan Anshari, Sekretaris Kwarcab Kota Banjarmasin, Sumarno dan diikuti Camat serta sejumlah Lurah di Kota Banjarmasin.
 
Irwan Anshari mengatakan kegiatan Gelar Senja tersebut merupakan agenda rutin yang digelar masing-masing Kwaran, Ajang tersebut bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi-potensi bakat para anggota pramuka yang tergabung didalamnya.
 
Menurut Irwan, Sebelum adanya Pandemi, kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap bulan. Hingga saat ini kasus Covid-19 mulai menurun, kemudian digelar kembali kegiatan Gelar Senja tersebut.
 
"Alhamdulillah hari ini dilaksanakan Gelar Senja oleh Kwartir Ranting Banjarmasin Utara yang merupakan ke-2 kalinya di tahun 2022," kata Irwan Anshari.
 
"Mudah-mudahan kegiatan gelar senja ini kedepan bisa tetap kita laksanakan dengan baik dan Covid-19 semakin melandai," tambahnya.
 
Ia menyebut, kegiatan ini akan dilaksanakan secara bergantian per Kecamatan di Kota Banjarmasin dengan mengambil tempat pelaksanaan di Halaman Balai Kota Banjarmasin.
 
"Per kecamatan gantian, tapi dilaksanakannya di Halaman Pemko Banjarmasin. Setiap kecamatan itu mendapatkan jatah 2 kali, nanti bergiliran Utara, Selatan, Timur, Barat dan juga Tengah, balik lagi ke giliran pertama," ujar Irwan Anshari.
 
Ia berharap kegiatan itu dapat berkolaborasi dengan teman-teman Pramuka tingkat Sekolah Tinggi yang berada di naungan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan untuk bergabung pada Gelar Senja itu.
 
"Tapi kami harapkan kedepannya nanti, kawan-kawan dari SMA maupun sekolah tinggi dapat bergabung di Gelar Senja kita ini," harapnya.
 
Sementara itu, Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin, Sumarno menambahkan Gelar Senja tersebut akan terus dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulannya.
 
Adapun pengecualian terkait kegiatan itu menurut Sumarno yakni pada bulan Ramadhan (Puasa) dan 17 Agustus. "Kecuali Bulan Puasa dan 17 Agustus kita tidak melaksanakan Gelar Senja," singkatnya.
 
Berdasarkan pantauan tim liputan di lapangan, terdapat sejumlah atraksi dari para anggota-anggota pramuka yang mengikuti gelar senja tersebut, mulai dari atraksi semaphore, kesenian tari hingga bela diri seperti silat.
 
Mungkin gambar 4 orang, orang berdiri dan seragam militer
 
Mungkin gambar 10 orang, orang berdiri dan luar ruangan
 
Mungkin gambar 5 orang dan orang berdiri
 
Mungkin gambar 7 orang, orang berdiri dan luar ruangan
 
Mungkin gambar 6 orang, orang berdiri dan luar ruangan
 
Mungkin gambar 6 orang dan orang berdiri
 
Mungkin gambar 1 orang, berdiri dan luar ruangan
 
Mungkin gambar 4 orang, orang berdiri dan luar ruangan
 
Mungkin gambar 12 orang, orang berdiri dan luar ruangan
 
Mungkin gambar 9 orang, orang berdiri dan luar ruangan
 
Mungkin gambar 7 orang, orang berdiri dan luar ruangan
 
Mungkin gambar 6 orang, orang berdiri dan luar ruangan
 
 
 

TAG