Logo
images

IGES Dukung Penuh Upaya Pemko Banjarmasin Dalam Pengurangan Sampah Plastik

BANJARMASIN – Guna memperlihatkan keseriusan dalam mendukung program Pemerintah Kota Banjarmasin dalam memerangi sampah plastik, Programme Manager Sustainable Cities, Institute For Global Environmental Strategies (IGES) Regional Centre Bangkok, Thailand, Shom Teoh bersama jajarannya berkunjung ke Balai Kota Banjarmasin dan bertemu langsung dengan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina di Ruang Kerja Walikota. Selasa (4/2/20).
Dalam pertemuan singkat itu, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin Shom Teoh sedikit menyampaikan program dari IGES yang bertujuan untuk mendukung pengurangan penggunaan kantong plastik di pasar tradisional di Kota Banjarmasin. “Saya sangat kagum dengan kota Banjarmasin yang berhasil mengurangi sampah plastik dengan usaha dari pemerintah kotanya,” ungkap Shom Teoh.
Lanjutnya Shom Teoh berpendapat, Banjarmasin adalah kota yang bisa dijadikan contoh bagi kota lain di Indonesia terkait upaya pengurangan sampah plastik. “Kota-kota yang ada di Indonesia bisa meniru Banjarmasin dalam upaya memerangi sampah plastiknya,” katanya.
IGES juga berkomitmen akan mensosialisasikan dan edukasi serta mempromosikan tentang hal tersebut ke seluruh dunia.
Sementara itu Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina sangat mengapresiasi tindakan dari IGES yang mendukung program pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Banjarmasin. “Saya mengapresiasi yang sebesar-besarnya untuk program IGES dan ASEAN SDGs Frontrunner Cities yang sudah dilaksanakan selama beberapa tahun ini,” katanya.
Setelah berhasil mengurangi penggunaan kantong plastik di toko dan ritel modern, serta mendapat dukungan dari stakeholder, komunitas, masyarakat dan warga Kota Banjarmasin, Pemko Banjarmasin mulai melakukan sosialisasi tentang pengurangan penggunaan kantong plastik di pasar tradisional.
Dengan hadirnya 294 unit bank sampah dan satu bank sampah induk serta dukungan dari program IGES, H Ibnu Sina berharap dapat mewujudkan komitmen Pemko Banjarmasin untuk menjadikan Banjarmasin sebagai kota layak huni dengan jumlah sampah yang tertangani dengan sebaik-baiknya. (Diskominfotik)


 

 

 

 

 

 

 

 


TAG

Tinggalkan Komentar