Logo
images

Masih Pandemi, DKP3 Banjarmasin Keliling Pantau Lokasi Ibadah Qurban

Banjarmasin - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) kota Banjarmasin menggelar pemeriksaan keliling di sejumlah tempat pemotongan hewan qurban saat pelaksanaan Idul Adha 10 Dzulhijah 1431 H yang bertepatan dengan 31 Juli 2020 mendatang.
Dimotori oleh Kepala Seksi Medik Veteriner DKP3 Banjarmasin Dr Anang Dwijatmiko, tim bergerak dari satu Masjid ke Masjid lainnya di seluruh kota Banjarmasin yang melaksanakan ibadah qurban, mereka menelusuri sejauh mana persiapan para panitia pelaksana ibadah qurban di Banjarmasin.
Dari hasil pemeriksaan keliling, diakui oleh dr Anang bahwa panitia pelaksana qurban sudah mengerti akan pentingnya protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, hal ini terlihat dari berbagai macam persiapan mulai dari alur pengambilan kupon hingga teknis penyaluran daging qurban yang diantar ke rumah warga.
"Ada beberapa tempat yang sudah kita datangi, Alhamdulillah mereka sudah paham untuk melaksanakan qurban sesuai protokol kesehatan Covid-19," bebernya.
Ia megingatkan sesuai dengan ceklis yang dimiliki oleh pihaknya, agar para panitia ibadah qurban senantiasa cuci tangan, menggunakan masker hingga mengenakan APD sederhana seperti masker dan sarung tangan.
"Yang lain adalah menjaga jarak yang utama, untuk panitia benar benar kesehatannya harus terjaga, kalaupun menggunakan tenaga dari luar, bisa disertai dengan Surat keterangan sehat dari puskeskas maupun dokter," pungkasnya.
 
 

TAG