Logo
images

Warga Bisa Membuat Masker Dari Kain

BANJARMASIN - Salah satu bentuk upaya Pemerintah Kota Banjarmasin menanggulangi penyebaran Virus Covid-19 atau Corona, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin akan memberlakukan pengetatan di pintu masuk kota Banjarmasin seperti di pelabuhan dan bandara.

"Kita akan koordinasikan dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), karena disana adalah kewenangan KKP. Kita akan berkoordinasi agar mereka melakukan pengetatan terhadap orang-orang yang masuk ke Banjarmasin supaya menerbitkan surat keterangan sehat. Begitu juga di Bandara," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyad, Selasa (24/3), setelah menghadiri rapat bersama anggota komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, di Kantor DPRD Kota Banjarmasin.
Ditambahkannya, orang-orang tersebut baru diperkenankan masuk ke Banjarmasin nantinya jika sudah memiliki surat keterangan sehat yang dikeluarkan dari pihak pelabuhan maupun bandara.
Selain itu ia juga menyampaikan kepada warga kota Banjarmasin agar memiliki kesadaran yang sangat tinggi dan berperan serta secara aktif untuk melawan penyebaran virus covid-19. Diantaranya melakukan disinfektan secara mandiri dan membuat masker secara mandiri.
Hal itu disampaikannya agar warga kota Banjarmasin tak usah panik mencari masker kemana-kemana, pasalnya masker bisa dibuat sendiri.
"Masker bisa dibikin dari bahan kain, bahkan juga bisa di cuci setelah itu disetrika. Karena virus corona bisa mati dengan suhu panas setrika tersebut. Jadi masker tersebut tidak apa-apa jika dipakai berulang-ulang sepanjang kain yang digunakan masker tersebut bagus," himbaunya. (Diskominfotik-bjm)





TAG